Berbagi Ilmu : Cara Mengatasi Laptop Ngelag,Tersendat-sendat Atau Hang Saat Bermain Game PES2017 atau FIFA2017, Terbukti Ampuh

Tuesday, May 16, 2017

Cara Mengatasi Laptop Ngelag,Tersendat-sendat Atau Hang Saat Bermain Game PES2017 atau FIFA2017, Terbukti Ampuh

Bagi Pembaca yang gemar bermain game. Pernahkah pembaca alami sedang asik-asiknya bermain game (online/offline), tiba-tiba gambarnya tersendat-sendat bahkan berhenti (Hang) atau merestart sendiri. Perasaan jengkel bukan yang timbul dibenak kita. Jangan berfikiran ganti laptop...tenang semua dapat diatasi...???

Biasanya kejadian tersebut terjadi disaat kita sedang bermain game dengan kualitas 3D dan dengan grafik yang beresolusi tinggi seperti : PES 2017 atau FIFA 2017. Padahal dari segi spesifikasi laptop masih mampu untuk memainkan ke dua game tersebut !!!....



Contoh spesifikasi laptop yang penulis miliki yaitu :
- Merk ASUS Type A43S
- Prosessor Intel Core I3 2,4 Ghz
- Ram/Memori 2 Gb sudah diupgrade menjadi 6 Gb
- VGA NVidia GE FORCE GT540M Cuda 1Gb (Selalu Update Software terbaru)
- Hard Disk 500 Gb

Software/Aplikasi game Selalu di update jika sudah keluar yang update offline (maklum Made in Crack) xixixixix....!!!

Disini saya ingin berbagi tips n trik untuk mengatasi laptop yang mudah ngelag atau tersendat-sendat gambarnya disaat sedang asik bermain game. Dengan asumsi kondisi Software/Aplikasi yang pembaca miliki tidak ada masalah atau sudah Terupdate, Sisa hard disk kosong di folder C masih diatas 2Gb, Pada saat sedang bermain game tidak ada aplikasi/program lain yang berjalan, tetapi kenapa tiba-tiba gambarnya seperti orang berpantomim.

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas hanya dari segi HARDWARE nya ( Perangkat keras ) saja, karena berdasarkan pengalaman dari data dan fakta yang penulis alami sendiri. Yaitu : disebabkan IC PROSESSOR dan IC VGA yang terlalu panas disaat menjalankan game tersebut.

Berikut ini langkah-langkah tindakan yang harus diambil :

1. Lepaskan battery, Keyboard, Kabel Wlan, Hard Disk dan DVD Rom untuk membuka casing/cover laptop ( perhatikan panjang pendek dan posisinya baut yang dilepas agar tidak terbalik disaat memasangnya, jika perlu di fhoto terlebih dahulu setiap langkahnya biar yakin ).
Catatan : 
               * Untuk generasi laptop keluaran 2015 keatas yang mana battery sudah model tanam dan keyboard sudah menyatu dengan casingnya, baut lebih sedikit karena sudah menggunakan system clip on.

2. Lepaskan Mother Board kemudian bersihkan mengunakan kuas kecil yang bulunya lembut, agar tidak merusak komponen disaat membersihkan.
Catatan :
              * Perhatikan posisi kabel yang dilepas jangan sampai tertukar atau terbalik posisinya untuk kabel pleksibel
         * Perhatikan juga saat membuka soket model klip, ada yang keatas atau ditarik cara membukanya (hati-hati jangan sampai patah penguncinya).


3. Lepaskan besi tembaga yang berfungsi sebagai pendingin (Heat Sink) IC PROSESSOR dan IC VGA, kemudian bersihkan kipas dan plat kisi-kisi pendingin dengan kuas atau disemprot angin dan bersihkan juga pasta/compound yang sudah kering di pendingin dan di kedua IC. 

Cara Kerja Pendingin (Heat Sink) adalah :
Panas IC Prosessor dan VGA diserap Pasta/Compound selanjutnya ditransfer panas tersebut ke plat alumunium yang kemudian 2 buah pipa tembaga menyerap dan menyebarkan panas di pipa tembaga tembaga tersebut, karena sifat tembaga hanya bisa menyerap suhu dengan cepat,tetapi tidak dapat melepaskan panas dengan cepat, maka  panas tersebut di serap oleh kisi-kisi alumunium yang kemudian panasnya dibuang dengan bantuan hembusan kipas.




4. Berikan IC Prosessor dan IC VGA dengan Pasta/Compound yang baru, cukup diberikan di posisi tengah-tengah IC (jangan terlalu banyak, nanti pasta/compound bercecer saat dipasang pendingin).

Catatan :
               * Pilih pasta/compound yang berwarna abu-abu, jangan yang berwarna putih, karena warna putih cepat kering dan transfer panasnya kurang bagus (banyak tersedia di toko spare part komputer).

5. Pasang kembali Heat Sink (Pendingin) dan jangan lupa untuk menancapkan soket kabel kipasnya.
klik untuk perbesar gambar
6. Pada langkah ini adalah inti dari semua permasalahanya, setelah mother board terpasang dan kabel - kabel sudah di hubungkan kemudian pasang cover laptopnya.

Sebelum cover ditutup key board, terlebih dahulu lubang kipasnya ditutup dengan solasi ( yang berfungsi untuk mencegah hembusan angin kipas menyebar kemana-mana/tidak satu arah).

Dan sudah kejadian umum saat menggunakan laptop dalam waktu yang lama posisi key board saat dipegang terasa hangat, karena efek dari hembusan kipas yang tidak satu arah. setelah lubang ditutup key board tidak akan lagi terasa hangat.

Catatan :
              * Untuk laptop keluaran 2015 keatas dengan model key board dan casing yang menyatu, maka yang di isolasi adalah bagian atas kipasnya langsung.


7. Pasang kembali key board dan,hard disk, kabel Wlan dan DVD Rom kemudian dibaut dan dirapihkan kembali,

Selanjutnya lakukan pengetesan dengan menjalankan game yang tersendat-sendat tadi.


Eng ing eng....!!! akhirnya bisa bertanding lagi tanpa kendala selama berjam - jam....KLIK DISINI UNTUK TUTORIAL VIDEONYA

NB :
# Penggunaan kipas di bawah laptop tidak berpengaruh,karena posisi kipas dan lubang hisap kipas laptop tidak pas (tidak usah dibeli, tidak pengaruh). Jika ingin menggunakan beli exhaust laptop portable yang ditempel disamping pembuangan hawa panas.

# PENTING !!! Jangan pernah melepas battery laptop disaat laptop akan digunakan, dengan posisi adaptor/power supply sedang charger ( baik itu battery masih prima atau sudah drop ), baik untuk penggunaan pekerjaan biasa maupun untuk bermain game, karena dapat menyebabkan kerusakan IC PROSESSOR atau IC VGA yang disebabkan tegangan yang tidak stabil dari adaptor/power supply/charger laptop.

SEMOGA BERMANFAAT ...!!!
wassalam
bangdjo
jangan lupa share - joint member - G+ - Reaksi - komentar

2 comments:

  1. Casino - Drmcd
    Dr. Mcd is the leading Medical 거제 출장마사지 Center in 서울특별 출장샵 the 의왕 출장샵 Dr. MCD, the National Center for 상주 출장안마 Patient and Gambling, offers a broad spectrum of clinical and 고양 출장샵

    ReplyDelete
  2. Kren bro ,mantep postingannya, lapropnya 11,12 sama ane masalahnya pun sama persis, nanti ane mau bongkar juga dah udah lama ga di bongkar , sukses blognya gan, mampir juga di blog ane , http://jamanit12.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"